WAWASAN NUSANTARA

                                                           WAWASAN NUSANTARA

PENDAHULUAN


  Salah satu persyaratan mutlak harus dimiliki oleh sebuah negara adalah wilayah kedaulatan, di samping rakyat dan pemerintahan yang diakui. Konsep dasar wilayah kepulauan telah diletakkan melalui Deklarasi Djuanda 13 Desember 1957.  Deklarasi tersebut memiliki nilai sangat strategis bagi bangsa Indonesia,karena telah melahirkan konsep Wawasan Nusantara yang menyatukan wilayah Indonesia.

PEMBAHASAN

Pengertian Wawasan Nusantara 

   Wawasan Nusantara adalah sebuah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia yang dimulai dari lingkungan sekitar. Sudut pandang tersebut lebih mengutamakan persatuan serta kesatuan wilayah dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Selain itu wawasan nusantara dapat diartikan sebagai sikap dan cara pandang masyarakat Indonesia yang berdasarkan pada Pancasila dan UUD 1946. Negara kita tercinta ini memiliki banyak suku bangsa dan kebudayaan yang berbeda sehingga membuat negara Indonesia kaya dengan beragam asetnya. Perbedaan inilah yang menjadikan Indonesia sebagai negara yang memiliki banyak keberagaman. Dari ujung barat yakni Aceh hingga ujung timur di Papua.
Hakikat Wawasan Nusantara
   Pada hakikatnya, masyarakat Indonesia secara keseluruhan adalah tulang punggung keberagaman sekaligus kesatuan bangsa Indonesia itu sendiri. Oleh karenanya masyarakat dihimbau untuk memiliki pengetahuan tentang bangsanya dan memandang kesatuan serta keberagaman sebagai substansi kehidupan berbangsa. Masyarakat di sini juga termasuk aparatur negara yang punya wewenang menyelenggarakan pemerintahan. Dengan demikian, cara berpikir, sikap, dan tindakan masyarakat Indonesia secara keseluruhan harus berorientasi pada kepentingan bangsa dan negara. Apa itu kepentingan bangsa dan negara? Jawaban singkatnya adalah keutuhan dan kesatuan wilayah nasional.

Fungsi Wawasan Nusantara


  Sebagai Wawasan Pembangunan Sebagai Konsep Ketahanan Nasional Sebagai Wawasan Pertahanan dan Keamanan Sebagai Wawasan Kewilayahan


Tujuan Wawasan Nusantara 
   
   Secara umum, tujuan wawasan nusantara adalah untuk mewujudkan rasa cinta tanah air (nasionalisme) dari semua aspek kehidupan masyarakat Indonesia.Tujuan tersebut dinyatakan dengan tindakan dan perilaku masyarakat Indonesia yang lebih mengutamakan kepentingan nasional daripada kepentingan pribadi, kelompok dan golongan, suku bangsa atau daerah, dan agama.

PENUTUP

Kesimpulan

  Wawasan Nusantara adalah sebuah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia yang dimulai dari lingkungan sekitar. Sudut pandang tersebut lebih mengutamakan persatuan serta kesatuan wilayah dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Standar Industri Mengenai Pengertian Standar SNI (Standar Nasional Indonesia) & ISO (International Organization for Standardization)